Covid-19

Covid-19

Covid 19 adalah nama sebuah penyakit menular yang pertama kali dilaporkan di Wuhan, Cina pada Desember 2019. Kasus ini pertama dilaporkan di Indonesia pada bulan Maret 2020 dimana pada saat itu juga WHO mengumumkan penyakit Covid 19 sebagai Pandemi yang sudah menginfeksi banyak manusia di hampir seluruh negara di muka bumi. Hal ini seperti kita semua sedang berperang melawan musuh yang tidak kasat mata, yang tanpa kompromi bisa menyerang kapan pun dan siapa pun. Walaupun banyak isu kontroversi yang banyak beredar di masyarakat, kita semua harus menyakini bahwa covid 19 merupakan masalah yang benar-benar ada dan harus kita lawan bersama.

Pandemi Covid 19 yang telah berlangsung selama 6 bulan lamanya ini masi menyisakan banyak pertanyaan. Kapan Selesainya? Bagaimana menyelesaikannya? Adakah obatnya? dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan yang belum terjawab. Pandemi ini memberikan dampak kepada seluruh lapisan masyarakat. Dampak ekonomi merupakan masalah yang sudah pasti muncul, dengan adanya kebijakan PSBB, banyaknya perusahaan yang melakukan PHK dan industri yang gulung tikar. dari sisi kesehatan pun sudah pasti banyak masalah yang muncul, mulai dari cara penanganan pasien,  bagaimana memutus rantai penularan dan juga gejala-gejala baru covid yang masih membuat para ahli kebingunan. Sebut saja kasus “Happy hypoxia” gejala yang baru dilaporkan yang dialami para penderita covid 19. Pada kasus ini kadar oksigen dalam darah penderita covid 19 dapat turun drastis tanpa disetai gejala sehingga penderita covid 19 bisa tiba-tiba mengalami sesak napas berat dan berujung kematian.

Apa yang bisa kita lakukan? Di tengah pandemi ini kita harus selalu mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, dan terutama tetap menyadari bahwa pandemi ini masih berlangsung dan dapat menyerang siapa saja termasuk diri kita sendiri dan keluarga kita.

Artikel Kesehatan

Pada desember 2019 cluster pertama kasus pneumonia yang tidak diketahui penyebabnya ditemukan di China. Kasus ini diberi nama 2019 Novel CoronaVirus. Corona virus merukan bagian dari grup virus yang memiliki material genetic yang dibungkus lapisan protein yang memiliki bentuk seperti paku, bentuk ini menyerupai mahkota (Crown/Corona). Dari sanalah nama Corona Virus diambil. Virus Corona diketahui dapat menyerang sistem pernapasan dengan gejala batuk pilek sampai infeksi paru-paru dan sistem pencernaan. Namun pada beberapa kasus virus Corona dapat membuat gejala berat seperti SARS-CoV pada tahun 2003 di China, MERS-CoV pada tahun 2012 di Arab Saudi dan Novel Corona Virus pada tahun 2019 yang sekarang dikenal dengan nama COVID – 19.

Virus Corona awalnya berasal dari binatang, namun dapat berpindah ke manusia karena adanya mutasi virus dan kontak erat antara manusia dan binatang. Sebagai contoh SARS-CoV yang sudah diketahui berasal dari Musang dan MERS-CoV yang berasal dari Unta. Sedangkan untuk COVID-19 sampai saat ini masih belum diketahui penyebabnya.

Penularan COVID-19 sama seperti penyakit saluran napas lainnya, yaitu melalui tetesan air liur yang dikeluarkan penderita saat batuk, bersin dan berbicara. Kelompok orang yang beresiko adalah orang dengan kontak erat dengan penderita COVID – 19 seperti anggota keluarga dan pada tenaga medis di Rumah Sakit.

Gejala COVID-19 bervariasi dari gejala ringan sampai berat, mulai dari demam, Batuk, Sesak napas, Infeksi pada Paru-Paru, Gagal Ginjal dan bahkan kematian. Untuk mendiagnosis COVID -19 saat ini hanya bisa dilakukan dengan PCR (Polymerase Chain Reaction) dimana pemeriksan ini melihat sidik genetic dari COVID – 19. Pengobatan untuk COVID – 19 pun sampai saat ini belum ada yang memuaskan. Biasanya hanya berupa pengobatan Suportif dan belum ada Vaksin yang dapat digunakan untuk mencegah COVID-19. Vaksin dan pengobatan COVID – 19 sampai saat ini masih dalam proses pengembangan

Pencegahan penularan COVID – 19 dapat dilakukan dengan menggunakan masker, menutup wajah dengan kain saat batuk atau bersin, hindari kontak dengan orang sakit, cuci tangan dengan rutin dan tetap dirumah apabila kondisi badan sedang tidak sehat. Apabila mengalami gejala demam, batuk dan sesak napas, segeralah berobat ke fasilitas kesehatan dan berikanlah informasi dengan jujur mengenai riwayat kontak dan berpergian.

*Sumber WHO. COVID 19 Diperoleh 7 September 2020 dari https://www.who.int/emergencies/diseases/novel-coronavirus-2019

dr.santi
Author: dr.santi

0 Komentar